Chemical Paranoia ????

Mie Instant. Dulu gw baca2 mie instant pakai MSG bikin kanker dll, lalu gw jadi takut makan mie instant, tapi semakin gw tua, searching2 info di internet ternyata MSG ternyata tidak menyebabkan kanker, it kinds of another hoax. Belum ada bukti konkrit yang bisa membuktikan hubungan MSG dengan penyakit2 yg umum diderita manusia. Pada beberapa orang mungkin muncul reaksi alergi, but then Alergi terhadap produk2 alami juga normal kan serbuk sari, mold, dust, shrimp, etc.

Tapi gw setuju sebaiknya mie emang dihindari, sebab sama seperti roti jaman sekarang terbuat dari tepung terigu bukan yang whole ga da serat, bikin obesitas (search aja masalah insulin bikin badan menimbun lemak. Sama aja bahayanya kaya makan taro, snack2 ga da serat miskin gizi. Makanya kalo orang yang ngerti gaya hidup fitness pasti udah sadar konsep makanan Hi GI, Low GI.

Another thing that I found stupid, is makanan mengandung bahan kimia. Setau gw dulu pelajaran kimi disuruh hafalin unsur2 kimia, oksigen, berbagai macam gas, logam, air itu semua bahan kimia kok. Then karbohidrat, unsur2 vitamin and mineral itui tidak termasuk bagian dari “kimia” itu sendiri ?

Sama seperti issue ayam negeri disuntikk, gw termakan issue nih beberapa tahun sebelum gw searching and then it’s another hoax, kalo dipikir2 tidak rasional. Apalagi semenjak kuliah jurnalistik ditekankan selalu melihat masalah dari berbagai sudut pandang. n baca2 artikel kedokteran dimana mereka diajarkan tidak mempercayai suatu hal yang tidak terbukti secara ilmiah (gara2 gw dioperasi kemarin jadi tahu dikit2, i love you google).

Menurut semua orang yang sudah kuliah apalagi skripsi tidak akan dengan gampang percaya suatu masalah sampai bener2 terbukti atau mendapat info dari berbagai sumber bukan dari satu sumber saja.

Makanya si professor menyebutkan di detik bahaya makan ayam negeri. Oh man, professor itu kan bukan posisi sembarangan, didapat anda menemukan sesuatu yang tentu saja harus didasari kaidah ilmiah…Then why…

Lalu ada user di forum yang cerita dia diperiksa dokter kena kista kata dokternya jangan makan sayap ayam negeri karena ayam disuntik di situ. Gw langsung parno jadi takut makan sayap ayam negeri (mental payah, mudah percaya, and parno). Tapi lagi2 makin gw tua and tambah searching ketemu artikel ga bener itu. Ayam negeri ga disuntik tapi karena mereka hasil pemilihan genetik yang paling unggul makan dikit aja udah cepat gemuk. Sama donk kaya manusia ada yg makan 3 piring tetap kerempeng, ada yg kaya gw metabolisme lambat + malas olahraga + makan makanan high GI tetap gemuk sampai sekarang. Mengapa cuma ayam yah, ngapa manusia ga diprogram ngambil yang genetiknya unggul yah tinggi, atletis, smart, art talent, haha…. (super competitive world, put aside humanism issue, i kinda hate it).

Back to topic, gw baca Messi yang treatement HGH that’s hormones isreally expensive and badannya masih termasuk pendek untuk ukuran pemain sepak bola atau at least whites, jadi gw mengaitkan Messi sama masalah ayam suntik ini, and BAM!!!! Now this fuss about broiler seems like another hoax for me.

Same like controversy around milk, and now i choose full cream milk instead of skim. But now I choose to ignore all the fussed about bad food, blah blah, it’s your sick mind that source of a lot disease (kecuali penyakit2 keturunan). At least, hindari sesuatu yang berlebih, too much salt, too much sugar, terlalu banyak diproses.

Btw gw kecewa kalo yg diomong user tuh bener, dokter yang bilang ayam broiler suntik hormon bikin kista. Yang disuntik itu antibiotik, tapi manusiapun diimunisasi kan biar tahan penyakit ? Seharusnya seorang dokter ga berani ngomong suatu hal yg belum benar2 terbukti. Makanya buku2 kedokteran tebel2 mampus and tingkat stress mereka tinggi.

Oh iya satu lagi non sense menurut gw mengenai bahan kimia, maaf vitamin A itu kan dibutuhkan manusia tapi kalo penggunaan berlebihan malah jadi racun, begitu juga kalsium.  Jadi menurut gw salah kaprah banget kalo makanan alami tidak mengandung bahan kimia, then how come??? yang membentuk semua benda di dunia ini bukan atom ? Sorry nih udah lupa pelajaran kimia yang diinget cuma tabel2 kimia sama atom, gara2 banyak hitung2an, jadi gw benci kimia.

http://id.wikipedia.org/wiki/Daftar_unsur_menurut_nomor_atom

Sekarang semakin tua gw semakin skeptis, maksud skeptis di sini semakin tidak gampang percaya suatu berita, tanpa ada buktinya atau tidak mencantumkan sumber yang jelas. Gw aja lebih suka nonton variety show/reality show dari drama/movie karena makin ga suka ditipu walaupun reality juga pakai script biar lebih menarik. Kuliah gw komunikasi nyerempet2 jurnalistik dikit jadi ngerti lah di belakang layar gimana.

Gw ngerasa gw ini idiot deh, temen2 gw yg lain udah suka bohong ga gampang dikibulin sejak ABG, gw baru umur kepala 2 ini jadi ga gampang dibohongi/dibego2in.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

