Neighbourhood countries snack taste better than our local snack

Ga perlu bandingin snack Indo dengan Jepang yg udah terkenal dengan snack2 unik (kadang bukan unik tapi aneh) dan enak, yg deket2 aja kaya Malay n SG, kalah. Bolu pandan Gery itu kan niru2 bolu pandan buatan malay, gw pas makan bolu pandan gery kecewa, menurut gw ga seenak yg malay. Kalo ga salah yg paling enak merk Apollo, soalnya ada juga yg bikinan  malay gw beli di Indomaret ga terlalu enak kadang kecium kaya bau kimia gitu mungkin kurang bagus bahannya atau kecampur bau makanan lain, tapi tetap aja lebih enak dari bolu Gery, ampun…

Abis itu cereal. Bandingkan deh energen sama gold roast (gw mampunya beli gold roast doang sih hehe). ancur energen itu eneg banget apa karena kebanyakan gula ya and susunya dikit beda banget sama gold roast yg wangi banget n ga semanis energen walaupun menurut gw juga agak kemanisan tapi ga separah energen.

Temen gw aja sukanya milo buatan luar lebih enak dia bilang. Ga tau deh apa market orang Indo kebanyakan lebih suka rasa manis berlebihan yang bikin eneg.

Biskuit Indo yg enak n emang kualitas ekspor menurut gw Marie Regal (terasa butternya) jauh tuh kalo dibandingkan Marie kiloan ga jelas bland bener rasanya. Sama Monde butter cookies (tapi kok sekarang di kalengnya yg ada kismis agak jarang ya apa cuma perasaan gw ya). Emg harga mereka lebih mahal dari biskuit lain di pasaran tapi sesuai lah gurih (mungkin dikarenakan pemakaian butter yg lebih banyak). Oreo Indo juga enak tapi gw ga tau apa yg buatan luar negeri lebih enak atau ga.

Gw heran sama berita tahun 2009 snack merk Lexus dan apollo biskuit susu mengandung melamin. Di forum IDGS orang2 pada mencaci malay (???) lucu banget padahal di Indo aja ga beres borax segala.
Cek aja album facebook fanpage Munchy’s http://www.facebook.com/media/set/?set=a.10150592410760259.443904.132544865258&type=3

Kemasannya sama persis dengan yg dijual di Indo. Gw beli di toko bahan makanan impor di Pasar Kopro [Tomang Barat] soalnya harganya dah pasti lebih murah daripada makanan impor di Carrefour, xD. Tokonya dekat sama kios barang di lantai 1. Lantai 2 isinya sayur, daging, bahan makanan, kue2 khas  bangka juga banyak.

Coba Liat deh fanpage munchy’s udah 100 ribu likes, menurut ente masuk akal ga kalo pake melamin ? masuk akal ga kalo produk buat pasar malaysia bebas melamin, tapi yg diekspor ke indo mengandung melamin. Kasus melamin di China kan supaya kadar protein pada susu formula tinggi sewaktu dites.
Sedangkan lexus apollo kan biskuit biasa ga musingin masalah protein.

Kok rasanya seperti persaingan bisnis, sama kaya Indomie dibanned di Taiwan. Yah harap maklum cari duit susah, apa aja dilakukan buat hancurin lawan bisnis, padahal emang dasar produk situ kagak enak.
Atau juga ada yg kesel kok biskuit lexus masuk indo dulu2 ga bayar pajak, jadi ciptain gosip deh, wakaka … Pertama gw juga shocked, tetapi setelah dipikir lagi terasa ga masuk akal tuh. Enak banget yah bisa menghasut orang, hehe.

btw gw juga beli seaweed yg untuk dibuat sup tulisannya dried seawee atau algue sechee kemasan 50 gr produksi feicui bird. distributor hongxing foodstuf co.ltd. Kata temen gw kalo dimasak jadi banyak mengembang. Harganya 10 ribu. Sama Kembang Tahu 11 ribu yg setelah gw cek made in china produksi beihai jinzhi tapi ci2nya bilang yg ini kelebihannya ga lembek/hancur kaya buatan lokal (menurut gw terlalu tipis). Kalo yg lokal harganya 9 ribu tapi tipis di CF dulu gw liat harganya sekita 15 ribu.

Kembang tahu di kampung gw juga ga terlalu tipis bikinan industri kecil sih ga pake mesin, pake tangan langsung ngangkat tuh lapisan tahu satu persatu pake bahan bakar jg masih kayu. Ada tukang buat kembang tahu di dekat rumah gw jadi sisa2 kacang kedelai bisa dijadiin makanan babi deh, eek babi jadiin pupuk tanaman, ramah lingkungan & ekonomis bukan? daur ulang, hehe.

btw Lexus itu sebungkus gedenya kalo gasalah sekitar 20an ribu, tadi gw beli apollo milf wafer cream isi 12 pcs 7 ribu, mungkin kalo beli yg 48 pcs bisa jauh lebih murah. Gw tanya2 chocopie ncinya ga jual, mungkin harus ke CF, gw liat di internet banyak yg gila harganya belum ongkir. Tempat tinggal gw deket dengan Giant, Hero, CF jadi lebih hemat gw tinggal workout alias olahraga jalan kaki. Emg strategis nih tanjung duren ga heran harga tanahnya gila2an, gw ga mampu beli rumah+tanah di sini cuma mampu ngekos doank, weleh.

edit :

http://en.wikipedia.org/wiki/Ammonium_bicarbonate#UsesAmmonium bicarbonate is an irritant to the skin, eyes and respiratory system. Ammonium bicarbonate from China used to make cookies was found to be contaminated with melamine, and imports were banned in Malaysia following the 2008 Chinese milk scandal.

ternyata beneran mengandung melamine gara2 mereka pake ammonium bicarbonate dari PRC, tapi udah di banned kan sama mereka, xD. n efeknya itu baru terjadi kalo dikonsumsi dalam jumlah besar dan terus menerus (batu ginjal).

and please be calm

http://thestar.com.my/news/story.asp?file=/2008/10/20/nation/2322841&sec=nation

Munchy gives reassurance its products are safe to eat

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

