non sweet potato tang yuan

gw lupa bahasa kheknya apa, gw sering lupa juga bahasa inggrisnya dari suatu benda apa, tapi di lain waktu tiba2 ingat, aneh…

biasanya kan kalo liat recipe2nya pake ubi jalar (aka bijur kalo di daerah gw), tapi nenek gw pake kentang. waktu diganti pake bijur gw malah kurang suka karena teksturnya menurut gw ga sechewy kentang ya and bijur itu kan manis dipasangin sama kuah jahe + gula aren yg juga manis jadinya too much menurut gw…

Kalo nenek gw bikinnya kaya pake mpek2 jadi digulung memanjang tinggal dipotong2 kecil, jauh lebih menghemat waktu daripada original tangyuan yg musti dibentuk bulatan kecil satu persatu, gosh…
that what i really hate, just take few minutes to eat something but need few hours to cook something to eat.

Gw coba2 bikin sendiri n gw cape banget pas dibagian ngulen adonan, kan diulen harus sampe kalis n ga nempel di tangan kaya dough mainan tanah liat. Gw udah pegel jadi waktu masih lengket aja dah gw bentuk bulat2an ga tahan berdiri juga, pas direbus yah gitu deh hancur mungkin juga karena pake tepung ketannya terlalu sedikit, than i’ve learned di salah satu blok dia ganti tepung kanji untuk resep yg dicempur bijur…

Keknya nenek gw juga pake  sagu deh kenyal banget (mpek2 jg kenyal kan). Next time deh bikin lagi. Cuma musti kukus kentang, halusin kentang, yg dimasak cuma 3 butir kentang buat makan sendiri, too much hassle banget, tapi emg lagi masa2 kere nih mau save money, bner2 deh ga enak hidup kere.

Kalo kaya wedang ronde (keknya yg di Jawa sini niru2 yg di China deh soalnya sama persis resepnya, haha jadi inget siomay jg, lah tapi tahu, mie emg asalnya dari Zhungguo kan ya, hehe) yg dijual mas2 di sini gw kurang suka, terlalu kenyal sampe jadinya susah dikunyah dan kurang padat menurut gw, sepertinya mereka pake tepung ketang semua kaya di original recipe tang yuan, aduh horrible lah for my teeth pleasure. Emang enakan bikin sendiri dengan syarat peralatan lengkap di dapur yg lengkap n setidaknya jangan dapur berukuran 1,5 meter donk…

btw Milk Tea kan lagi booming tuh (heran bukannya hop hop juga udah dari jaman kapan) wakakak, emg orang indo ini gampang ikut trend, sampe pada ngantri di Chatime cuma buat beli teh susu berisi pearl tapioca yg mahal amit2… paling cuma beberapa waktu aja ngetrendnya kaya kasus Sour Sally.

Tekstur tepung ketan ini agak mirip2 tapioca ya kalo dibikin adonan jadi bikin tekstur chewy, tapi sama aja sih sama tipe karbohidrat lain kaya tepung agar2, konyaku, maizena, etc…starch emg dah umum dipake jadi pengental atau kaya kue jungkong pake tepung beras (pengen buat tapi dipikir2 kalo cuma makan segelas, tapi ngaduk tuh 2 macem adona  berjam2 mendingan pergi ke kopro beli di sana, xD).

Kalo mau hidup sehat masak sendiri bisa tapi mana tahan ribetnya, kalo banyak duit mah catering khusus aja yg buat orang diet, kkk. Tapi keknya ga tahan godaan, lama di Jkt malah pengen kue tradisional, mbak2 yg jualan kue di sini taste horrible kue2nya beda dengan langganan di kampung, n maaf yah kue2 yg dibuat sama pribumi sini kok banyakan ga enak ya, dibanding yg dibikin chinese (walau ga semuanya juga chinese bikin kue enak) tapi seriously just try it…

kata nyokap gw kalo kue lapis yg di kampung gw pake tepung ketan bukan tepung berasa makanya rasanya lebih enak dari yg di Jakarta lebih chewy & kenyal, better texture lah.

Kue yg bahannya simple tapi prosesnya ribet kaya lapis legit juga lebih enak bikinan orang di kampung gw n lebih murah.

 

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

