Di Kamar Operasi (part III)

Lalu dibawa ke ruang operasi (tapi ada bagian2nya) yang pertama saya disuruh menanggalkan semua busana yang saya pakai. Baju n tas, barang2 berharga dititipin ke anggota keluarga (adik saya). Jadi saya pakai jubah doank, tapi baca2 kalo di website luar negeri cuma BH aja yg ga dipakai CD tetap dipakai. Saya juga heran kan alat pendeteksi detak jantung cuma di dada, apa takut infeksi dari CD  atau mengganggu aliran darah??? xD

Nunggunya agak lama yah di kursi roda, soalnya ada anak yg juga odontektomi (sekamar btw) operasi dia agak rumit ada 5 gigi, jadi jam 10 gitu deh baru mau dioperasi…delay…

Lalu berbaring di ranjang roda, dikasih selimut tebal bulu (saya paling ga suka pake selimut ginian). Perawat di situ ibu2 udah agak tua bilang nanti di ruang operasi bakal  dingin. Saya sih ga merasa kedinginan. Sempat kencing juga di situ, xD. Nunggu lagi deh rada lama di ranjang roda. Sempat ngeliat anak sebelum saya keluar dari kamar operasi, mulutnya disumpal kapas n dia belum sadar pake masker oksigen, xD. Ada juga ibu2 yg habis dioperasi n dia nih telanjang semua ditutupi pake semacam plastik selain selimut, ga tau deh itu operasi apaan. Nunggu lagi deh lumayan lama, banyak dr bedah lain juga di situ ga tau juga semuanya dr. bedah/anesteshi apa asisten atau perawat, soalnya pake masker semua n pakaian operasi. Ada juga yg nanya2 ga penting, saya dioperasi apa, dll, kirain yg mau bantu operasi saya, eh bukan…xD.

Setelah sampai di ruang operasi, perawat mau memindahkan saya ke kursi operasi (mirip kursi di ruang praktek drg) tp saya ga mau, soalnya masih sehat yah pindah sendiri, malu juga digotong2.

n jubah yang saya pakai dibuka sampai batas atas dada, karena dr. anesteshi mau masang alat pengukur detak jantung (di tengah dada). Nih orang tangannya cepat banget nempelnya, mungkin karena udah belajar bertahun2 yah jd kerjanya cepat, sama kaya koki2 di restoran.

Foto panoramic ditempel di papan lampu (biasa kaya operasi lain)

Lalu diinject obat bius warnanya kecoklatan melalui saluran infus (intravena), nih obat emang tokcer cuma bbrp detik saya dah ga sadar, ga tau sih langsung tidur plek, atau perlahan tapi saya lupa. Seandainya prosedur saya bisa direkam, karena penasaran.

btw pas sadar saya berada di ruang pemulihan, kepala miring ke kiri, pas buka mata liat muka dr. anesteshi di samping, aduh coba Edison Chen, langsung liat atas. Pertama heran, ini beneran dah di operasi apa belum. Lalu bbrp saat kemudaian sadar mulut disumpel kapas rasanya penuh, minta dr. anes lepasin, dia blg ntar2 yah (keknya dia lepasin alat pendeteksi denyut jantung saya, tp ga terasa sih, soalnya tangannya sibuk gitu kalo saya ga salah liat).

Karena kapasnya ga dilepasin saya ngamuk gitu, bolak balik nih kepala kaya orang stress (kalo diinget2 malu childish abis). Akhirnya dilepas deh, udah enakan n ada darah yg keluar dikit2 ditelan, eh malah jadi mual (efek obat bius) bilang deh ke tuh dr (dia masih setia di samping) langsung ambil mangkuk yg udah disiapin muntah deh di situ.

Abis tuh kerasa selimut yg saya pakai kok panas, langsung nanya ke tuh dr. ini kok selimutnya panas, emgnya tadi aku menggigil? dia cuma ngangguk2 sambil rada senyum (nih orang ditanya kok jawabnya cuma yaya2 apa ngangguk2 ga jelasin apa2, kan penasaran, kkk).

Lalu dateng deh perawat mindahin saya ke ranjang saya yg asli, sebenarnya saya mau pindah sendiri, karena jujur saya ga merasa pening sama sekali, efeknya cuma mual tadi, tp takut juga nanti bangun pingsan. yg udah dipindahin deh kainnya pake diangkat. Sempet bilang berat ya? tp ga dijawab sih, xD. I hate my fat body…

abis tuh kain jubah yg nutup saya diangkat, keliatan deh tu tubuh bagian belakang saya nude, bagian depan ketutup selimut hitam putih. Saya ga malu sih telanjangnya, yg saya malu banyak selulit n stretch mark di pantat saya, kkk. Saran sebelum operasi pastikan udah cukuran yg bersih ya, xD (tp mereka kan tenaga medis mana peduli yg gituan, xD).  Jadi hanya dengan ditutup selembar selimut tipis hitam putih didorong deh saya balik ke kamar. Adik saya nunggu sampai jam 4 sore. Lalu saya suruh dia pulang sih, masa suruh dia nginep di situ apalagi dia cowo.

Bangun bbrp jam kemudian saya pakai baju sendiri deh, n saya liat tirai di sekitar saya dah tertutup mungkin karena td sya berbalik jadi telanjang gitu, kkk… cape deh… drg yg jadi operator saya dateng visit nanya keadaan saya, saya bilang sih saya ga pusink samsek, cuma malu aja ini pipi bengkak gede banget, bener2 bikin PD drop. Yang pipi kiri lebih bengkak dari kanan mungkin karena akarnya lebih dalam, n bbrp hari kemudian bagian yg bengkak sampai timbul lebam biru gitu mungkin karena bengkaknya gede amir, jadi pembuluh darah pecah, apa mugnkin juga saya dihajar di ruang operasi, hehe… tp ga sakit sih cuma lebih ke tidak nyaman saja, pipi rasanya mengganjal banget, kaya disumpal soalnya bengkak gede, nyeri dikit, ga sampai bikin tersiksa kaya sakit gigi (waktu SD sakit gigi).Efek lain tenggorokan terasa agak nyeri, kering, sepertinya ini pengaruh obat bius, kalo ga selang untuk oksigen yg dimasukin pas operasi ke tenggorokan (lupa ceritain yg selang, tp saya udah koid dibius sih jadi ga tau proses n rasanya waktu dimasukin selang ke salah satu lubang hidung saya)

Malamnya juga perawat suntikan obat anti bengkak dan anti mual ke vena saya. Saya emang sempat muntah malam itu, gara2 kirain musti minum banyak2, langsung neguk susu banyak2, jadi mual, muntah deh, untung muntahnya cair jadi gampang dibersihin mas cleaning servicenya (dipel).

Besoknya saya juga cuma dikasih susu lagi, ga dikasih makanan kaya bubur seperti sejawat saya, sepertinya gara2 saya mual muntah, padahal saya dah kelaparan pengen makan bubur.  Saya muntah kemarin juga ga parah2 amat cuma sekali itu juga gara2 maruk perut kosong langsung bantai minum susu + air banyak2.

Jam 11 mau pulang, nunggu adik dateng (dia baru selesai kuliah). Ibu dari temen sejawat saya, nawarin mau ga anterin sampe MTA (taman anggrek, secara saya bilang rumah saya di grogol deket CL ) jadi pikir2 drpd abisin duit buat taksi n ngerepotin adik saya. Ikut deh tuh ibu, turun di TA (saya ga pening sih mungkin agak lemes kebanyakan tidur) jalan deh lalu naik kopaja 95 sampe ke Halte Untar (penghematan as always). Beli jus di langganan penjual jus. Oh iya saya pake masker selama di mobil karena malu sama muka yg menggelembung. btw namanya numpang yah, ternyata mobilnya panas amir, n ibu n anak cowonya agak ada bakat2 racer, ibunya nih nyuruh anaknya lewat jalur busway aja soalnya macet (saya sampe heran juga) belum anaknya ngegas2, weleh… Lain x kalo punya duit lebih mending charter taxi pribadi yah, kkk.

Sekian…. Karena saya bengkak parah buka mulut ga bisa gede2 (emg gitu sih pastinya) paling 2 cm, ga bisa ngunyah jadinya, makan yg serba lunak, kaya bubur, kalo ada bagian kerasnya (emping kelupaan bilang abangnya) sengsara banget susah ngunyah, jd ngunyahnya lama, apalagi kalo kena gusi yg dijahit rada nyeri. sikat gigi juga ga bisa di hari pertama, soalnya takut dry socket (googling aja apa itu). di hari ke 2 seharusnya dah bisa, tp buka mulut aja susah gimana bisa nyikat, apa bengkak tuh bikin rahang jadi sulit digerakan yah karena menghambat engsel rahang, xD.

n sisa makanan kadang mask di situ. kalo pas ngunyah kena tuh luka bekas operasi, mayan asoy geboy rasanya.

Lama kelamaan benangnya juga kendor, jadi tinggal dicabut deh seminggu setelah dioperasi. oh iya, benang colagen yg bisa jadi daging, saya baca di thread kaskus ask your dentist belum tentu bagus loh, karena bisa malah mendorong infeksi apalagi di mulut yg selalu basah.. Kalo orang ga ngerti dikiranya hebat benang bisa jadi daging.

Selama seminggu itu yg jadi masalah cuma malu kalo keluar rumah (keluar juga sambil nutup mulut malah jadi ketahuan yah, hehe),  mulut terasa penuh mengganjal, tersiksa kalo makan makanan yg harus dikunyah karena buka mulut susah n bagian yg dijahit nyeri, sempet agak demam gitu ada dahak kuning n agak ga enak badan dikit banget tapi di hari ketiga, tapi karena dah rutin minum antibiotik co-amoxyclav jadi cepet hilangnya, ga tau infeksi dari sakit tenggorokan kemarin apa dari bekas luka operasi apa mungkin dua2nya? …

Sekarang udah 4 minggu setelah operasi, udah ga keliatan lagi bengkak atau bekas lebam di pipir, rasa  bengkak dikit masih kerasa di pipi kiri (slightly), tp bengkaknya ga keliatan dari luar apa pas buka mulut, kayanya bengkak di gusi bawah jadi cuma bisa dirasain aja. Gusi semua dah melekat sempurna, cuma di pipi kanan agak kelebihan gusi tp saya lihat lama kelamaan makin menyusut, bagus deh ga nutupin M2 lagi kaya kemarin, jadi sisa makanan sering masuk ke situ. Kalo pas disikat udah ga nyeri lagi di minggu ke 4 ini kadang kalo terlalu kuat terasa sih tp terasanya dikit banget, xD.

Beraktifitas seperti biasa, gada lemes2 samsek sekarang.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

10 Responses to Di Kamar Operasi (part III)

  1. Karin says:

    Sdikit mengcourage aku yg mau di bedah mulut nih😀, yakin pasca operasi ga sakitttt banggeett seperti kata org2 yg udh2?

  2. Haduu ngeri amat kl denger ceritanya hehe.. tmn ku ada jg yg di ops ke4 gigi impaksi dg rawat inap, tp post ops nggak semenderita km deh, bsknya udah bs kuliah spt biasa dan ga gitu bengkak. Dia ops di rspi.
    Kl aku sendiri ops nya satu satu, bius lokal, untuk gigi atas pertama kali di cabut krn udah nusuk daging pipi (emanf chubby sih), trus agak lumayan bengkaknya 3-4 hari ilang( dokternya kurang jago, kl hihi atas hrsnya ga bengkak samsek), makan spt biasa, trus ga lama ops gigi yg bawahnya (searah diagonal) dg dokter yg sama (bengkak dikit), makan agak susah dan agak menderita stlh ops. Nah 2 thn kemudian baru sisanya 2 gigi lg di ops (maret ini), tadinya ga mau di cabut krn trauma ops gigi sblmnya sama 3x cabut gigi krn pasang behel. Tp udah mulai pusing2 sama gigi kiri atas miring, susah sikat giginya sama nempel2 sisa makanan, suka agak ngilu krn lidah cenderung nyentuh2 mulu gigi yg itu (entah kno, otomatis aja). jd gw putusin 2 minggu lalu utk ke spbm di rspi puri indah juga tp dg dokter yg beda (ga mau ngulang pngalaman yg dulu), secara kl ditunda bs jd resikonya lbh besar berabe.. akhirnya bius lokal, sekitar ga sampe 10 menit ga kerasa di cabutnya, plg pas bius aja kerasanya jd agak tegang. Abis itu pusing dikit trus langsung bisa nyetir, ga bengkak and ga sakit samsek, dikasin antibiotik sih sm pengjilang nyeri (iyalah wajib krn dijait juga), nah 2 minggu kmdian hari selasa kmrn balik lagi, cabut jaitan sm ops gigi yg terakhir yeayyy, giginya msh di dlm gusi dan miring posisinya tp bisa bius lokal, tegang krn stres denger di nor sedemikian rupa sama berasa usaha SPBM nya ngubek2 gigi, tapi ga sakit, cm kerasa sentuhan, sm pas benang ditarik, nah pad yg ini udah hari kamis ni skrg ms bengkak lumayan meski ga sakit, ga bole byk2 mangap krn kerasa ke gusi bengkaknya. Hari rabu udah cn sikat gigi sebelah, kumur pelan aja.. soalnya ga tahan bau bok hehe.. libur sehari krn malu bengkaknya bgt.. hari ini msh segede ngemut rambutan, tp di kompres air dingin aja biar mendingan…thn 2012 sekitar 3,5jt satu gigi, thn ini 4jtan yg atas, 5,2 yg bawah blm tmsk obat.. tp dokter yg baru ini lbh cekatan, prosesnya cepet ga sampe 30 menit yg gigi bawah kmrn..

    • kkim77 says:

      Kok serem? xD

      emang kalo kasus gw musti bius total, karena letak giginya dalam (geraham rahang atas lokasi dekat sinus), susah buat diangkat.

      Kalo dalam keadaan sadar bakalan susah dr & pasiennya mangap terus, hehe.

      Kalo di gw bengkaknya gede, malu ketemu orang, LOL.

  3. Anik says:

    Tengkiu ya sharingnya….dri kemarin gogling nyari yg operasi gigi sekaligus 4 akhirnya nemu juga.. Ternyata emang harus bolbal periksa ini itu ya sebelum aksi bius total…sempet mau nyerah,tpi ujungnya pasrah, insyaAlloh besok tinggal ke anestesi(lagi) minta acc operasi trus tinggal ngekor maunya dokter selanjutnya…

    • kkim77 says:

      Iya, pembiusan total tuh resikonya tinggi .
      makanya harus dicek dengan teliti kondisi kesehatannya.

      • Anik says:

        Terbantu banget sama tulisan kamu, bisa buat prepare aku sebelum operasi, abis jujur kacang ijo aku sempet galau kayak anak abg ga punya pacar(kekekekkkk)… Ga pernah operasi, ngelahirin 2 anak aja aku berusaha normal ga mau cesar, eh ini cuman gara2 gigi malah operasi….norak yak?? Wkwkwk…. Aturan bikin komunitas gigi geraham nih..buat saling share masalah pergigian terutama masalah gigi geraham bungsu ini…..

      • kkim77 says:

        Gw ngerasa ini operasinya ringan kalo dibandingkan caesar😀 (belum pernah hamil & melahirkan sih, lol)

        Menderitanya cuma gara2 bengkak (agak nyeri ngenyut) & mulut ga bisa dibuka lebar jadi ga bisa ngunyah. Tapi mulut & toleransi rasa sakit tiap orang beda2 sih.

        Dilema gigi gede tapi rahang kecil😀

  4. sani_lidya says:

    thanks ya sharingnya.. saya juga disuruh operasi bius total 4 gigi, tapi masih cari referensi rsgm yang terjangkau. kemaren sempat ke rs swasta di salemba kelas 3 nyampe 20 juta biaya operasinya aja, jadi stress duluan dengernya.

    • kkim77 says:

      Paling murah emang RSCM (walaupun masih rada mahal buat saya) haha… Tapi wajar sih, biaya alat2 yg dipake, tenaga dr bedah& dr anesthesi, dkk 😀

Leave a Reply

