sambungan Odontektomi part II

Drg tsb (saya ga mau sebutin nama) menugaskan seorang mas pegawai nemenin saya ke Gedung A, awalnya turun lagi ke lt. 1 daftar di poli rawat inap bawa surat rujukan dari drg, nunggu lagi deh petugasnya nyari tempat tidur kosong, kira2 20 menit ternyata ada kamar kosong, tangan saya dipasang gelang identitas pink di situ, lalu jalan deh ke Gedung A n sekalian fotokopi surat (saya lupa ini utk apa sepertinya bukti saya menginap di Gedung A), ini bapak agak lucu ngobrol jelasin ini itu, saya tanya apa dia jawabnya agak kurang nyambung n panjang bener, weleh, tapi np, baek sih orangnya…

btw saya dapet kamar di lantai 4 no. 417 isinya 6 ranjang, n ada sisa 1 ranjang yg kosong di situ, mungkin karena kamar di tempat lain penuh, jadi ruangan tsb sebenarnya untuk pasien gigi diisi sama penderita tumor juga, ada juga yg mengalami pembekakan di ruas tulang belakang dan baru saja selesai operasi n masih sering kesakitan.
Ada juga ibu2 yg infeksi (saya udah agak lupa nih kronologisnya) giginya, musti melahirkan caesar gara2 infeksi dari gigi yg berlubang (sepertinya ada komplikasi, cmiw. Ane liat dia juga ga nafsu makan padahal kan musti makan banyak yah biar cepat sembuh terutama protein, tp yang namanya sakit kan ga napsu.

Mungkin gara2 giginya infeksi jadi dia ga bisa makan, ga bisa makan janin yg dikandung terancam jadi lemah and musti di caesar, udah ga gitu inget juga.

Makanya menurut ane ibu2 yg mau hamil, beresin deh kalo ada lubang di gigi, jangan sampe jadi pangkal infeksi mengancam keselamatan anda saat hamil. Lagian kan kalo lubang kan bikin napas jadi bau. Bukan cuma mau hamil, kalo ada lubang musti cepet2 ditambel takut bakteri masuk ke darah nyampe jantung kan gawat.

Fasilitas bisa dibaca sendiri ke website ini http://rscm-gedunga.com/index.php/rawat-khusus

yang jelas saya saya dapat makan 3 x sehari dan snack.

Bapak tadi btw langsung balik setelah saya masuk kamar itu n liat2 kamar mandinya (ada tombol minta bantuan tuh di toiletnya siapa tau aja ada yg tepeleset x) padahal lum bilang makasih, xD. Yah kamar cewe sih… Kalo di sana masuk kamar disuruh cuci tangan lu pake air+alkohol (kaya antis) sebelum masuk kamar, setelah itu disuruh tetap di kamar, cuma saya jadi bosan, apalagi ga bawa bahan bacaan n di dalam kamar ga da TV.

Kamis Sore itu saya dikunjungi bbrp dokter, ada yg co-ass (dia pake lengan pendek sih) n tanya2 gitu lebih kaya basa basi apa dia dr. jaga yah atau kalo di website gedung A namanya dr yg nemenin sorry lupa lagi.N dateng lagi perawat ngukur tensi darah (normal seperti biasa), dia tanya mengenai penyakit saya, etc lupa jelasnya tp simpel seingat saya.Lalu dateng juga Dr. Anesteshi dia ukur lagi deh tuh tensi, napas jantung. Lalu minta persetujuan operasi dari saya, setelah saya isi formnya yah tinggal tanda tangan lagi. Formnya sama dengan form yg di klinik pre operative tadi.

pertanyaan dari dr. anesteshi yg saya inget cuma kamu berolahraga ga, alergi makanan, lagi hamil ga (hmmh tp emg penting sih) BB & TB, etc.

Lalu sorenya dr jaga itu dateng lagi tanya2 keadaan pasien di ruangan itu.

n sekitar jam  7 malam drg yg bertindak jadi operator saya visit tanya2 kesiapan, etc….

lalu dianter deh makan malam, karena besok musti puasa sebelum operasi jadi makan sekenyang2nya…

Lalu mandi malam (mau dibius ntar susah deh mandinya), air di sini termasuk lumayan hangat walaupun ga da shower air panasnya.

Then datang perawat masangin bius di lengan saya, dia agak kesulitan cari vena saya yang kecil (khas orang ga pernah kerja berat), tp akhirnya ketemu n kalo menurut gw tusukannya lebih sakit dibanding pas ngambil darah di lengan kemarin sepertinya karena dekat telapak tangan dagingnya lebih dikit. tapi NP cuma bbrp detik doank nyutnya…

Setelah itu tidur dan tengah makan kebangun mau bab, n sempetin makan jam 2 pagi, karena takut kelaparan hebat kalo ga makan lagi  secara operasinya jam 9 dan puasa makanan yg dianjurkan hanya 6 jam sebelum operasi, kalo cairan setau saya 3 jam sebelum operasi, CMIW (please googling for more info).

Dr Anesteshi sempet datang paginya mastiin saya makan terakhir jam berapa, saya bilang jam 2 pagi, lalu dia tanya makan apa (mungkin dikira makan besar) saya bilang lasagna, dia agak bingung, saya bilang aja itu kentang tumbuk halus kok. (muntah waktu operasi kan bisa berabe, googling aja ya efek post operative xD).

akhirnya dateng perawat yang berbaju ungu, perawat ini memerintahkan perawat baju putih untuk mengantar saya ke ruang persiapan operasi, oh iya adik saya datang saat operasi ini karena harus ada agt keluarga yg nungguin selama operasi (tadinya saya ga mau ditungguin, ngerepotin aja, kan operasi kecil, xD).

Saya must naik kursi roda ke ruang operasi (aneh juga sih, saya kan sehat2 aja). Sepertinya emang udah procedure kalo pasien yg mau dioperasi musti naik kursi roda, walaupun operasi kecil seperti saya. Ga tau alasannya apa, mungkin ga boleh aktifitas fisik sebelum operasi? ada yg bisa jelasin?

sambung ke sini

https://weirdthingsaroundme.wordpress.com/2012/07/01/sambungan-odontektomi-26/?relatedposts_to=242&relatedposts_order=0

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to sambungan Odontektomi part II

  1. Pingback: Odontektomi/odontectomy with General anesthesia in RSCM part I | weirdthingsaroundme

  2. raisa says:

    Kalo operasi rahang di Rscm udah pernah ada blom ya?aku juga mau operasi nih. Tapi tunggu 18 tahun.

Leave a Reply

