Odontektomi/odontectomy with General anesthesia in RSCM part I

Nih yg mau referensi pengalaman odontektomi (operasi pengangkatan gigi bungsu/3rd molar) dengan bius total (ga sadar pastinya, lol) di RSCM. Gw ngetiknya singkat2 & ga begitu jelas, karena emang males ngetik.

Awalnya saya lihat di kaca Gigi M2 sendiri awalnya tumbuh miring banget ke samping & mulai keropos (disgusting banget) karena ga ikut kesikat karena miringnya itu.
Gw parno ama gigi berlubang, bikin mulut bau, resiko bakteri masuk ke darah lu. Yg terpenting masalah penampilan, mau lu secakep apa kalo gigi lu berlubang, swt deh, jijay amir…

Dulu sempat mau dicabut aja sama dokter gigi umum, tp dia kan ga berani (emang harus sama sp. bedah mulut), jadi disuruh x-ray dan ketahuan ada gigi yg impaksi dan ga bisa erupsi.

Lalu di sini saya ikut teman ke drg sp ort mau tanya2 soal behel dan soal gigi saya ini apakah bisa dia yang cabut. Dia bilang langsung bisa hari itu juga, saya langsung menolak karena ga siap, lalu disuruh x-ray panoramic dulu secara saya juga pengen pasang braces (gigi tonggos).

Dirujuk ke Lab Pramitha, cuma karena lab pramitha agak jauh dari Grogol jadi saya urungkan niat selama bbrp bulan. (tambahan: ternyata bagusnya emang ke pramitha hasil foto panoramic nya lebih tajam dan jelas)

Lalu hasil konsultasi di thread konsultasi gigi gratis di kaskus dijawab sama salah satu drg bisa pergi ke RSGM (Rumah Sakit Gigi & Mulut). Baru x ini saya tahu ada yg namanya RSGM (katrok). Panoramic deh di RSGM Trisakti tanggal 24 April 2012 biayanya 125.000 pertimbangannya kos deket dengan Trisakti sama2 di Grogol. Kemarin saya sempet telepon di Lab Pramitha biaya foto panoramic di sana Rp 91 ribu tapi agak jauh karena letaknya di dekat ITC Permata Hijau.

Dari hasil foto saya lihat gigi geraham terakhir saya kok tumbuhnya tidur. Searching2 di internet oh ini namanya impaksi, saya sering denger kata gigi bungsu oh jadi pasti ini tuh gigi bungsu karena paling belakangan tumbuhnya.

Tanya2 lagi sama dr di kaskus dimana tempat operasi penganggkatan gigi geraham bungsu paling murah ternyata jawabannya sama di RSGM dikerjakan sama residen bedah mulut (oon juga sih kok ga kepikiran, hehe). Jadi tahu kalo operasi penggangkatan gigi impaksi seperti saya bagusnya ditangani oleh spesialis bedah mulut.

Lalu balik lagi deh ke RSGM 3sakti tanya lagi kalo sama residen bedah mulut berapa, eh petugasnya bilang ga da, kalo sama dosen yg praktek situ 3 juta/gigi. (lagi2 goblok kumat ga tahu kalo belum ada program pendidikan spesialis bedah mulut di 3sakti). Dapet info juga kalo pasang braces sama mahasiswa di sana 4,5 juta udah atas bawah, kalo sama dosennya 10 juta lengkap.

Btw kalo  mau perawatan gigi di RSGM ini yg sabar yah tunggu antrian karena banyak orang yg ke sini, maklum harganya paling murah dibandingkan tempat lain. Biaya pendaftaran juga murah banget Rp 5.000 aja.

Saya juga sempat mau bersih karang gigi / scaling di sini sama co-ass di sini, cuma ternyata ketika ada co-ass yg butuh pasien untuk karang gigi dia butuh yg karang giginya banyak, sedangkan karang gigi saya hampir ga da jadi batal deh. Tapi coass tersebut emang pada awalnya udah punya pasien sendiri, tapi pasien tersebut ga masuk hari itu.

Apa di RSGM 3sakti coass cenderung mengerjakan pasien yg kasus berat yah supaya bisa dinilai dosen, kalo yang saya lihat banyak yg udah kenal baik sama pasiennya, ntah apa mereka bawa sendiri atau baru ketemu di RSGM. Saya juga baca2 thread tentang dokter gigi atau seputar co-ass makanya bisa berpikiran seperti ini. Kalo kasus saya kan ringan (dikit banget karangnya) gimana nilainya, lol.

Akhirnya sayapun lari ke RSGM FKG UI yang letaknya di Salemba (alamat lengkap silakan googling sendiri, banyak orang malas soalnya, xD).

Baca2 rute bus eh ternyata Bis 213 lewat dekat situ (tepatnya sih di samping RSCM). Yang bikin ribet sih dari Grogol ke salemba naik 213 mayan lama baru sampai tujuan kira2 1 jam karena namanya juga bus sering berhenti2 dan sempet ngetem lagi di Slipi, Bis 213 juga ga kaya kopaja yang sering lewat agak jarang2 mungkin karena bodynya yang lebih panjang dari kopaja ( ga nyambung).

Kunjungan pertama ke sana eh tutup karena cuti bersama kalo ga salah ya. Cuma ada satpam yang jaga2. Lalu kunjungan kedua akhirnya dateng and mendaftar jadi pasien baru bayar 10 ribu (aneh jg sih lebih mahal dari 3sakti, hehe).

Setelah ngantri ketemu residennya dia nawarin karena ada 4 gigi impaksi apa mau dirujuk ke RSCM saja untuk bius total. Saya tanya harganya berapa ntah saya salah dengar atau gimana, yg di kuping saya itu 60 juta (oon). Lalu saya bilang ga deh di RSGM aja, lagian saya juga takut operasi gigi kok pake bius total segala pikir saya waktu itu. Janjinya minggu depan saya datang ke sana lagi tapi saya kesiangan jadi batal deh ke sana.

Kunjungan ke 3, eh telat sampai sana dah lewat jam 11 pagi (kesiangan datengnya).

Kunjungan ke 4, akhirnya bisa gigi saya ditangani ngantri sebentar ketemu sama drg di sana sepertinya dia bukan residen soalnya pakai lengan panjang putih n udah rada tua mukanya (cowo).

Drg ini bilang lebih baik ke RSCM saja jadi sekalian, kalo dicabut 2 x takutnya saya jadi trauma dan buang2 waktu. Ketika saya tanya berapa ya dok kalo di RSCM dia bilang sekitar 8 juta.

Sekarang setelah saya pikir2 emang bener,

abis operasi udah pasti pipi lu bengkak kaya ada bola pingpong lu selipin di mulut, malu kan? Mendingan sekalian jadi cuma perlu malu sekali seumur hidup (gw emang superficial abis, lol).

Oh bukan 60 juta toh cape deh… Gw sempat kepikiran sih ini Dr males nyabutin gigi gw satu2, but sekarang it’s ok lah, karena ternyata bengkak banget pipi gw setelah dicabut (kaya bola pingpong).

Setelah konsul ke ortu mengenai biaya operasi mereka setuju n punya dana buat operasi. Btw di kaskus gw juga ada tanya mengenai biaya di rscm 60 juta mereka bilang itu sudah berlebihan ga sampai segitu, berarti beneran salah denger nih kuping.

Lalu pergi ke RSCM, n saudara2 emang antrian untuk sekedar mendaftar ke poli rawat jalan di RSCM ini najubileh apalagi jam 10 pagi ke bawah (maklum RS rujukan nasional).

Poli Gigi & Mulut di RSCM sendiri terletak di lantai 3. Jujur, saya agak serem sama kasir di poli ini suaranya kenceng  kaya tokoh antagonis di sinetron. Dalam hati yah wajarlah mau murah masa mau ramah juga servicenya, xD. Mungkin juga suaranya keras karena banyak pasien takut ga terdengar.

Oh iya saya pake jaminan umum, karena emg ga punya askes, atau asuransi lain, jadi bayarnya full ya.

Ngantri lagi deh (siap2 ngantri kalo di RSCM tegarkan hati dulu ye), setelah itu dipanggil ke klinik untuk diagnosis masalah gigi terlebih dahulu, si bapaknya contreng di kertas form gigi yg bermasalah lalu saya membayar 40 ribu di kasir biaya pemeriksaan tadi.

Lalu ngantri lagi deh, n dipanggil masuk ke bagian bedah mulut, di situ perawatnya menjelaskan sebelum dioperasi dengan bius total harus diperiksa dulu darah, thorax di lab soalnya ini kan pake bius total. Data darah tersebut hanya berlaku 1 bulan semenjak diambil. Jadi saya bilang pikir2 dulu (saya belum mendapat kepastian dari ortu sanggup ga bayarnya waktu itu).

Lalu setelah pulang banyak searching2 info mengenai bius total, n jujur jadi takut karena banyak efek sampingnya, jadi balik lagi deh ke RSCM rencananya mau ngajuin opsi boleh ga pake bius lokal aja gigi bagian kiri duluan baru kanan. Sp. BM lalu menegaskan tidak bisa memakai bius lokal, karena posisi gigi M3 saya di rahang atas.

Asumsi gw sih karena posisinya yg vertically impacted n ada kemungkinan kena bagian sinus) susah dikerjain kalo pasien dalam keadaan sadar, ga kebayang gimana ngebornya gitu dalem kalo pasien dalam keadaan sadar bisa2 histeris, trauma, lol.

Lalu saya diberikan rujukan dari drg ini untuk tes darah dan thorax di RSCM. Waktu itu lab untuk tes darah di lantai 3 sudah tutup karena hari Jumat tutup lebih cepat (kalo ga salah sekitar jam 1 siang, maaf saya lupa).

Jadi saya ke ICU karena di sana lab darahnya 24 jam, di sana saya diambil darah kalo saya ga salah inget banyaknya 3 tabung kecil, pas ditusuk yah biasalah sakit sedikit namanya juga dimasukin jarum. Tapi setelah itu mah ga sakit sama sekali cuma agak ngilu di bekas tusukan bbrp saat setelahnya (ini juga udah pada tau x ya???).

Di sana karena pake umum kena biaya Rp 429.000 n mereka cuma menerima cash (mahal ternyata kirain 100an ribu), terpaksa deh ke ATM. Apa aja unsur darah yg diperiksa nanti saya jabarin, lagi males.

Lalu pergi deh ke Lab radiologi untuk foto thorax, saya dengan begonya duduk di antrian saya liat kok pada pake lembaran kuning di kartu pendaftarannya sedangkan saya hanya memegang kartu pendaftaran tok.

Tanya satpam di situ oh seharusnya saya ke lab radiologi satu lagi, tempatnya tuh dekat banget sama tempat sebelumnya cuma karena adanya papan nama kecil di tembok dan ruangan dikelilingi kaca saya kira itu ruangan lain n buka lab radiologi satunya, saya muter2 olahraga sampe pegel dengan begonya.

Akhirnya setelah tanya2 lagi sama satpam lain, saya buka deh pintu kaca situ (sempet kepikir jangan2 ini yg mahal kok dipakein kaca tertutup semua), eh bener emang di situ. Daftar dulu kemudiaan nunggu di sofa agak lama sih, lalu di tes thorax dan biayanya 89 ribu ga terlalu mahal untuk umum.

Lalu saya balik lagi ke poli gigi di lt. 3 di sana saya disuruh ke klinik pre operative, eh udah jam 12 lewat udah ga bisa daftar lagi, waduh udah mulai ga tegar lagi deh ke RSCM, ternyata karena Jumat tutupnya lebih cepat. Dah mulai terasa cape bolak balik dari mulai UI, RSCM buang2 waktu.

Minggu depannya saya ke sana n males juga sih cuma ke klinik pre operatif, diukur tensinya, dokternya interview alasan mau bius total, dijelaskah efek samping/resiko bius total, lalu diminta tolong isi kuesioner kepuasan pengunjung RSCM setelah konsultasi di klinik pre op ini (mungkin mereka itu residen junior  x ya, soalnya saya mahasiswa juga sering diminta isi kuesioner, xD).

Di sini saya mengisi form, isinya nama, alamat, riwayat penyakit, riwayat penyakit anggota keluarga, pernah operasi atau belum, obat2an yg sedang dikonsumsi, aksesoris yg dikenakan, berat badan, usia, gol darah, alergi makanan, etc (maaf ga inget lagi).

Di sini detak jantung juga diperiksa sama dr satu lagi yg berada di dalam ruangan, lidah (bilang AAA kaya ngomong ke anak kecil aje, zzz), mata (disuruh menengok ke atas),  yg menjelaskan efek samping itu dr ini,  sedangkan dr satu lagi di luar lebih ke pertanyaan umum seperti alasan mau operasi tadi). Sepertinya yang di dalam itu residen anesteshi, cmiw.

btw kuesioner tadi yang saya ceritakan isinya menayakan kepuasan saya terhadap klinik pre op ini, dan tingkat kecemasan saya, awalnya saya pilih angka 50 (sebenarnya saya emg ga cemas sama sekali, paling cemas duitnya aja) setelah itu saya pilih angka 30 karena kekuatiran berkurang.

Oonnya sempet bilang mau isi 70 malah tambah cemas artinya itu terbalik, bukan berkurang cemasnya. Mungkin waktu giliran anda kuesioner yg anda dapat beda x yah? apa itu kuesioner tetap saya juga ga tau.

Setelah balik dari klinik pre op balik lagi ke poli bedah mulut, drgnya menjadwalkan hari Jumat jam 9 pagi. Dia bilang hari Kamis pagi saya sudah harus menginap. Saya yang belum mengerti heran mengapa harus menginap sehari sebelumnya. Oh karena ini bius total toh, yah yowes.

Kamis depannya saya ke sana lagi n seperti biasa tiap masuk RSCM musti daftar dibawah, saya sempat mau langsung daftar ke poli rawat inap, ternayata harus ada rujuakan dr lagi, jadi daftar lagi deh ke poli rawat jalan yg karena saya dateng pagi2 jam 9 antriannya najubileh (beda kalo jam 10 ke atas udah sepi).

Saya disuruh dateng pagi karena disuruh dokter untuk  cari kamar buat nginap (mungkin karena ini RSCM (rs rujukan nasional gitu loh) kamar tidur sering penuh ya). Sampe sana dr2nya belum ada (mungkin juga lagi operasi pasien di ruang operasi karena teman sekamar saya dioperasi jam 7 pagi) cape deh…

Maklum lah pasien2 di sana asalnya dari seantero Indonesia. Ngantrinya panjang amir…

Ngantri lagi nunggu nama dipanggil (udah mulai ke tahap stress ga tahan ngantri2 terus). Setelah dipanggil disuruh makan dulu karena akan langsung nyari kamar kalau dapat langsung menginap di Gedung A RSCM.

Ini foto before odontektomi

IMG_3900

sambungan pt. 2 ( emangnya sinetron)https://weirdthingsaroundme.wordpress.com/2012/07/01/sambungan-odontektomi-26/

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

10 Responses to Odontektomi/odontectomy with General anesthesia in RSCM part I

  1. andri2707 says:

    ak jg mau operasi gigi bungsu nih,,,,aduhhh ngeri bgt dengar critanya -___-“

    • kkim77 says:

      kok ngeri??? ga serem sama sekali? Ga sakit sih, cuma efek post operasi emg bikin hidup kurang nyaman karena bengkak n ga bisa buka mulut… masa cowo takut sama minor surgery, hehe…? (sorry asumsi gw, lu cowo, xD)…

  2. rsty says:

    kmrn biaya totalnya kena brp jdnya? rawat inapnya ambil kelas apa dan brp hari? dari awal dateng ke rscm sampe selesai operasi totalnya brp hari/minggu? :)) sori ya bnyk nanya, soalnya aku juga disuruh operasi tapi 3 gigi bungsu aja.

    Thanks🙂

  3. Vetra says:

    hehehehe makasih sharingnya, sy juga mau odontektomi tp rada2 takutt😦
    btw, sukses selalu🙂

  4. neno says:

    Itu gigi impaksinya kanan kiri ya?langsung dicabut kanan kiri jg ya? Gw jg penderita impaksi kanan kiri nih tp takut mau tindakan. Mendingan sekalian apa satu per satu sih

    • kkim77 says:

      langsung empat2nya…
      mending seperti itu biar tidak trauma, kalo satu per satu bengkaknya 4 x, perawatan 4 x, obat2an 4 x.
      Sebelumnya saya meminta bius lokal, tapi kasus saya impaksi gigi molar rahang atas terlalu dalam jadi musti bius total (tidur). Kurang tau juga penyebabnya (bukan dr. sih). apa karena kalo bius total tekanan darah menjadi lebih rendah jadi pendarahan berkurang???

  5. Haduu ngeri amat kl denger ceritanya hehe.. tmn ku ada jg yg di ops ke4 gigi impaksi dg rawat inap, tp post ops nggak semenderita km deh, bsknya udah bs kuliah spt biasa dan ga gitu bengkak. Dia ops di rspi.
    Kl aku sendiri ops nya satu satu, bius lokal, untuk gigi atas pertama kali di cabut krn udah nusuk daging pipi (emang chubby sih), trus agak lumayan bengkaknya 3-4 hari ilang( dokternya kurang jago, kl hihi atas hrsnya ga bengkak samsek), makan spt biasa, trus ga lama ops gigi yg bawahnya (searah diagonal) dg dokter yg sama (bengkak dikit), makan agak susah dan agak menderita stlh ops. Nah 2 thn kemudian baru sisanya 2 gigi lg di ops (maret ini), tadinya ga mau di cabut krn trauma ops gigi sblmnya sama 3x cabut gigi krn pasang behel. Tp udah mulai pusing2 sama gigi kiri atas miring, susah sikat giginya sama nempel2 sisa makanan, suka agak ngilu krn lidah cenderung nyentuh2 mulu gigi yg itu (entah knp, otomatis aja). jd gw putusin 2 minggu lalu utk ke spbm di rspi puri indah juga tp dg dokter yg beda (ga mau ngulang pngalaman yg dulu), secara kl ditunda bs jd resikonya lbh besar berabe.. akhirnya bius lokal, sekitar ga sampe 10 menit ga kerasa di cabutnya, plg pas bius aja kerasanya jd agak tegang. Abis itu pusing dikit trus langsung bisa nyetir ( waktu abis ops ke44nya gigi emang masi nyetir sendiri sih dari rs ke rumah..) ga bengkak and ga sakit samsek, dikasih antibiotik sih sm penghilang nyeri (iyalah wajib krn dijait juga), nah 2 minggu kmdian hari selasa kmrn balik lagi, cabut jaitan sm ops gigi yg terakhir yeayyy, giginya msh di dlm gusi dan miring posisinya tp bisa bius lokal, tegang krn stres denger di bor sedemikian rupa sama berasa usaha SPBM nya ngubek2 gigi, tapi ga sakit, cm kerasa sentuhan, sm pas benang ditarik, nah pas yg ini udah hari kamis ni skrg ms bengkak lumayan meski ga sakit, ga bole byk2 mangap krn kerasa ke gusi bengkaknya. Hari rabu udah bisa sikat gigi sebelah, kumur pelan aja.. soalnya ga tahan bau bok hehe.. libur sehari krn malu bengkaknya bgt.. hari ini msh segede ngemut rambutan, tp di kompres air dingin aja biar mendingan…thn 2012 sekitar 3,5jt satu gigi, thn ini 4jtan yg atas, 5,2 yg bawah blm tmsk obat.. tp dokter yang baru ini lbh cekatan, prosesnya cepet ga sampe 30 menit yg gigi bawah kmrn..

  6. rizqi says:

    kalo untuk pembersihan karang gigi biayanya sekitar berapa kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s