Prosedur sebelum operasi

http://kamar-operasi.blogspot.com/

prosedur yang saya alami sebelum operasi bisa dibaca di blog atas, secara garis besar langkah2nya sama saja

Karena saya tidak memakai jaminan asuransi apapun alias umum, saya dikenai biaya FULL.

Ringkasan Biaya di RSCM

FYI, di RSCM saya menghabiskan dana 5.239.973 untuk biaya operasi dan menginap di Gedung A, kamar kelas 3. Biaya operasinya sendiri kalo tidak salah seingat saya 4,5 juta, tapi sayang copy rincian tidak diberikan ke saya, hanya sempat lihat waktu bayar di kasir. Selama perawatan disuntik obat anti mual (karena saya muntah bbrp x), anti bengkak lewat jalur infus. Termasuk obat generik untuk dikonsumsi di rumah kalo tidak salah 160 ribuan (fungsi obat2 ini bisa digoogling sendiri).

1. co-amoxiclav 625 mg (15 butir) 3×1

2. ranitidine 150 mg (15 butir)

3. non – flamin 50 mg (10 butir)

4. asam mefenamat 500 mg (15 butir)

5. neurobion (10 butir)

Foto Panoramik di RSGMP FKG Trisakti Rp 125.000 maklum swasta (baca2 di FKG UI lebih murah bisa setengahnya)

Biaya pemeriksaan dan diagnosa (awal2 sebelum periksa ke bag. bedah mulut) Rp 42.000

Biaya Konsultasi-Anesteshi Rp 40.000

Biaya buka jahitan 60.000.

Biaya foto/RADIOGRAFI thorax (bagian dada) 89.000. Hasil fotonya gede (namanya jg dada ya) ukuran hampir 2x kertas A4 jadi ribet bawa2nya.

Biaya Test Lab di instalasi patologi klinik 413.500 di lab 24 jam (karena hari Jumat lab di lantai 3 deket poli gigi tutup lebih cepat)

Hematologi lengkap

PT

APTT

Glukosa Sewaktu

SGOT (AST)

SGPT (ALT)

Elektrolit Darah

Kreatinin Darah

Clott Activator

EDTA

Gel NA Activator

Jarum Vacuette

btw tadi scaling karang gigi di RSCM kena Rp 120.000, weleh mahal tau ke RSGM UI aja, cuma tadi udah telat, lewat jam 11 lebih baru sampe bisnya, cape deh (dah terbiasa bangun siang sih)… Belum ngantri di RSCM nih agak lama, n kadang kasir di poli gigi ada ibu yg agak judes, xDD.

Tapi ibu Drg nya saya lihat gelarnya emang Sp. Perio sih, n jasa operator dia cuma Rp 60.000, 60 ribu lagi jasa sarana kalo liat di kwitansi jenis pelayanan SK Kelas III (apa kelas 3 ini yg parah ya, tp saya lihat punya saya dikit loh, kalo banyak pasti anak2 co-ass FKG 3sakti mau ngerjain). Kalo menurut saya bersihin karang gigi saya sedikit gitu co-ass fkg pun sudah cukup apalagi mereka saya lihat ramah2 murah senyum, enak kalo ditanya2… n baca2 pengalaman di blog lain, co-ass2 kan dinilai hasil pekerjaannya jadi mereka pasti berusaha seteliti dan sebersih mungkin saat scaling, iyalah dinilai gitu loh… weleh… pengalaman… apa karena pakai scaler ultrasonik jadi lebih mahal ya? kalo co-ass dah pake scaler ultrasonik atau masih yg  manual ya? Ini ceritanya pelit x ya…xD

FKG Trisakti co-ass2nya tidak bisa membersihkan saya, karena karang terlalu sedikit, sedangkan pekerjaan mereka  perlu dinilai oleh dosen dan harus memakai pasien yang karang giginya benar2 banyak (waduh masa tunggu banyak dulu, hehe), atau yang lubang2nya gede2, kalo lubang2 kecil ke lantai 2 ke klinik spesialis ditangani residen n pastinya lebih mahal. Kalo ditangani coass biayanya kalo ga salah denger mereka bilang 75 ribu ntah 45 ribu…lupa…Mungkin mbak kos yg gigi bolong parah bisa ke 3sakti…

Di RSCM dr yg di bagian perio scaling ntah emang pendiam atau malas berkomunikasi dengan pasien, jadi kata2 benar2 seperlunya saja, seperti buka mulut, lemaskan bibir. Tadinya saya mau tanya2 masalah lubang gigi kecil2 tapi tidak ada kontak mata setelah prosedur scaling yang menurut saya cepet bener (mungkin pakai alat yang ada semprotan airnya jadi cepat ya, tp semua gigi dibersihin sih), yah udahlah keluar bayar deh di kasir…

Update

Kalo panoramic mending di pramita aja, hasilnya lebih tajam dan jelas dari Trisakti (dr juga suruh di Pramita aja ( harganya sekarang 110 ribu). Kemarin sempat panoramik lagi gara2 masih ada infeksi (sepertinya pasca operasi kemasukan makanan) lalu dikasih antibiotik lagi sekarang sih dah sembuh total. Infeksinya dulu kecil (pas diraba aja terasa benjolan yg isinya nanah tidak terlihata dari luar), terkadang tercium bau nanah busuk di mulut kalo lagi menguap lebar. Ga segede bakso pas mudik, karena iseng nekan2 tuh gusi buat ngeluarin nanah atau ntah karena daya tahan tubuh lagi turun, sukses bengkak lagi walau ga separah sesudah operasi. Sekarang sih dah gone total, ga da puss sama sekali in my gum.

Aside | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Prosedur sebelum operasi

  1. raisa says:

    Kalo oprasi rahang kira2 udah ada yg di rscm blom ya?aku baru baca blog kamu nih. Aku juga mau oprasi tapi tunggu 18 tahun

Leave a Reply

